That God Bless the Broken Road..


"Some justice please, God, that after 3 years and many sleepless nights of studying social studies, we get what WE do DESERVE."
Ga tau itu perasaan gue doang, atau emang beneran setelah gue ngetweet itu, keadaan jadi makin hangat. Makin panas kali ya tepatnya. Beberapa orang jadi bela-belain jurusannya lah, apanya lah.

Nah yang mengganggu gue adalah pertanyaan di otak gue:

KENAPE SIH LO MAU NGAMBIL JURUSAN YANG PADA DASARNYA HAKNYA ORANG DENGAN KENYATAAN BAHWA
LO TUH BAHKAN GAK PUNYA NILAI YANG RELEVAN UNTUK MASUK KE JURUSAN ITU?

Gue sendiri mengakui, nilai-nilai gue waktu kelas 10 bisa dibilang not bad lah ya.. Wali kelas gue sendiri mempertanyakan keyakinan gue yang semangat banget mau masuk jurusan ilmu sosial. Kalo gue mau, kalo gue cukup egois waktu itu, gue mungkin udah masuk ke jurusan IPA.

Gue nggak pernah menuduh semua orang yang masuk IPA adalah orang-orang yang cari aman, yang kalo ditanya kenapa masuk IPA jawabannya "biar kalo gue masih labil nanti gue kuliahnya bisa masuk IPS juga." Nggak kok, gue nggak pernah ngomong kayak gitu. Gue yakin banget banyak juga temen-teman yang masuk IPA bener-bener konsisten, yang tujuannya jelas: mau kuliah belajar ilmu yang berhubungan dengan alam. Cuma ya memang nggak bisa disangkal bahwa beberapa dari mereka punya kecenderungan mau masuk IPA supaya bisa melakukan yang kayak gue bilang tadi. Naaah, emang marikipe yang macem begene neh...

Gue waktu awal kelas 10 maunya masuk arsitektur. Menurut gue, arsitektur itu ilmu yang truly main pakai hati dan pakai otak juga. Hati lo dipakai buat mengasah sense of art, gimana caranya suatu bangunan kelihatan sisi estetisnya. Sementara otak lo buat mikir gimana caranya seni yang lo bawa ke bangunan tadi bisa ada nilai kegunaannya, biar nggak jadi pajangan doang. Balance banget gak tuh!

Tapi setelah gue jalanin hampir setahun masa kelas 10 gue di SMA, kok rasanya fisika gue ga ada yang bener.. Kimia gue so so, nilai IPA yang lumayan mungkin biologi. Gue emang suka biologi, karena ga pake rumus dan kayaknya itu doang pelajaran IPA yang bikin gue excited setiap ada fakta-fakta baru yang gue pelajari dari situ. Sementara ekonomi gue, setahun 4 kali ulangan ga pernah remed! Pernah sih pas ulangan terakhir nilai gue 75,59 sedangkan nilai minimalnya 76. Menurut gosip yang beredar pun itu soal banyak yang salah, jadi kemungkinan besar nilai gue sebenarnya bisa sampai 80an. Gue makin yakin bakat gue kayaknya bukan di ilmu eksak. Ekonomi (waktu itu) seru banget, menurut gue ya.

Gue pikir apa gunanya ya lo masuk jurusan yang mungkin beberapa orang (sinting) berasumsi prestisenya lebih tinggi, kalo toh nanti lo bakal menjalani kuliah di bidang yang sama dengan yang beberapa orang itu juga pikir rendahan? Which is, totally, not true. Semua ilmu tuh punya kelas masing-masing, dan hakikatnya mereka dibagi berdasarkan diferensiasi lho, bukan stratifikasi. Ga ngerti yah? Horizontal, bukan vertikal. Gitu bahasa universalnya.

Dan akhirnya gue menetapkan, tujuan utama SMA gue adalah untuk mengejar FSRD ITB prodi Desain Interior!!! Beda tipis kan sama arsitektur? Arsitektur secara umum berdasarkan teknik, desain interior berdasarkan seni. Terus gue juga percaya kalo ilmu sosial itu ilmu yang cerdas, manusia aja dibilang makhluk sosial bukan makhluk alam, hehe! Masuklah gue ke IPS. Alhamdulillah, prestasi gue di kelas 11 dan 12 maaakin bagus. Yang biasanya bagus: ekonomi lagi..

~

Beberapa minggu terakhir, terdengar kabar SNMPTN akan membuka 2 jalur: undangan dan tertulis. Undangan itu semacam PMDK. Karena SMA 28 termasuk RSBI, jatah kita ga tanggung-tanggung, 75% aja lohhhh..

Kembali lagi. Tiba-tiba banyak anak-anak IPA yang mau masuk jurusan IPS di perguruan tinggi negeri dengan menggunakan jalur un..da..ngan. Yang namanya kesel, kesel banget. Yang namanya pengen demo, tapi angkatan kita juga. Gimana deh tuh.

Masalahnya itu, bisa bayangin nggak temen-temen di IPS belajar 3 tahun berjuang buat temenan sama ekonomi, geografi, sosiologi dkk susah payah buat dapetin nilai yang bagus, remedial kalo perlu, sampe begadang mungkin kalo mau ulangan. Terus tiba-tiba ada orang-orang yang belajarnya selama 2 tahun jelas-jelas lain pelajaran, ga perlu remedial buat pelajaran yang lo harusnya bisa kuasai, tapi alasannya ya karena emang mereka nggak belajar pelajaran itu. Gimana perasaan lo kalo tau ada harapan buat nilai rapot temen lo, yang bisa dibilang awam tentang jurusan yang mereka pilih di kuliah, untuk nyaingin nilai rapot lo karena pelajaran kemampuan dasar mereka lebih kuat?

Temen sih temen, tapi, gue juga masih pengen hidup sob. Temen-temen gue yang di IPS masih pengen kuliah, tanpa pilihan lain dimana pemerintah ngasih ijin anak IPA boleh kuliah IPA atau IPS, sementara kami serius cuma boleh ambil jurusan IPS. Masih pengen punya kerja dengan basis jurusan yang gue beneran suka. Masih pengen punya harapan, di masa depan gue, gue akan ke tempat kerja gue tanpa ngerasa gue lagi mau kerja, tapi going to do something that i really love doing, dimana gue bisa inget-inget lagi gimana susahnya dulu gue belajar ilmu yang akhirnya menjaga kehidupan gue.




Asik.


Di sisi lain gue sangat berharap temen-temen IPA juga dapet apa yang kalian mau, yang hopefully, sinkron dengan apa yang kalian dalami selama 3 tahun di SMA ini. Gue doaiiiin lo semua pade jadi dokter ye, atau masuk teknik, jadi arsitek terkenal, sukses di bidangnya deh pokoknya! Bukan semata-mata supaya saingan IPS berkurang aja, tapi karena gue juga pengen kalian ngerasain apa yang lo pelajarin di sekolah itu nggak ada yang sia-sia.. Gitu lho!

Kalo dilihat dari moral dikit.. Kalo bisa kalo memang sangat serius mau masuk IPS setidaknya dari tertulis aja gimana? Setidaknya kita semua (termasuk lo sendiri) bisa melihat keseriusan kalian disitu. Dan sekali lagi bukan karena kami anak-anak IPS merasa insecure berlebihan. Memang insecure sih, dikit, tapi apa berlebihan menginginkan sesuatu yang lo rasa worth it untuk dikejar? Walaupun salah satunya karena lo bahkan gak punya pilihan lain, kecuali jadi orang yang ambition-less, yang akhirnya bikin lo jadi passionless, ludes. Gak lucu, man..

Oh iyah.. Gue disini bicara nggak ngewakilin siapa-siapa lho! Ini semua murni pemikiran gue di masa yang lumayan genting, kalo merasa ada yang buruk-buruk gue nggak bermaksud untuk menyudutkan lho ya, dan yang baik-baik insyaallah ada benarnya. Semoga kalian menjadi dokter! Semoga kami menjadi ekonom! Atau apapun yang kita semua mau yah!

Love and Peace,

2011 SUKSES!!!!

Powered By Blogger

Proudly powered by Blogger
Theme: Esquire by Matthew Buchanan.
Converted by LiteThemes.com.